Google Buat OS Brilio Untuk Perangkat Berspesifikasi Rendah

Kolom Gadget – Google berencana mengembangkan sistem operasi khusus Internet of Things (IoT) yang ditujukan untuk perangkat yang berspesifikasi rendah, yang dibuat berdasarkan Android.

Hingga saat ini, kebanyakan vendor ponsel yang memproduksi perangkat berspesifikasi rendah harus membuat sendiri software untuk ponselnya lantaran sistem operasi yang ada sekarang ini seperti Android dan iOS tidak akan mampu dijalankan pada ponsel dengan spesifikasi yang minimum. Namun kini, Google tengah menggarap sistem operasi baru berbasis Android bernama Brilio khusus untuk Internet of Things (IoT) yang bisa digunakan di perangkat dengan spesifikasi yang rendah. Sistem operasi ini bahkan bisa digunakan di perangkat tanpa membutuhkan layar.

Untuk menjalankan sistem operasi Brilio ini, sejumlah informasi menyebutkan sebuah perangkat hanya perlu memiliki RAM minimal 32MB atau 64MB. Hal ini tentu bisa memudahkan vendor untuk membuat ponsel tanpa perlu susah-susah membuat software. Apalagi Google juga dikabarkan bakal menggratiskan sistem operasi Brilio ini sama seperti Android. Berkat satu perangkat lunak universal, sesama perangkat bersistem operasi Brilio akan bisa saling berkomunikasi.

Sebenarnya, bukan hanya Google saja yang mulai mengembangkan sistem operasi berbasis IoT, Samsung sebelumnya juga sudah mengakuisisi sebuah startup IoT, SmartThing. Selain itu juga ada ARM yang membuat mbed OS, termasuk Microsoft melalui Windows 10 untuk IoT dan Huawei yang mengembangkan OS IoT bernama LiteOS.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *