Android M Bakal Bawa Fitur Otentikasi Sidik Jari

Kolom Gadget – Google berencana membuat sistem operasinya mendukung sensor sidik jari untuk membuat fitur otentikasi sidik jari, dan juga bisa dimanfaatkan oleh pengembang aplikasi pihak ketiga.

Kita sudah tidak asing dengan teknologi sensor sidik jari yang terdapat di berbagai ponsel. Mulai dari sang pelopor Apple dengan iPhone miliknya, Samsung dengan Galaxy S6, hingga pabrikan asal China ZTE dan Oppo. Namun dari semua sensor sidik jari yang ada di ponsel Android, seluruh perangkat lunaknya didukung oleh vendor masing-masing ponsel. Sehingga kinerjanya mungkin akan berbeda dari masing-masing vendor.

Namun sepertinya Google berencana untuk membuat sistem operasinya mendukung sensor sidik jari untuk digunakan sebagai otentikasi sidik jari di sitem operasi Android versi selanjutnya. Informasi ini didapat dari ArsTechnica dan BuzzFeed bahwa Google berencana membawakan fitur ini ke berbagai perangkat Android melalui Android M yang akan segera diperkenalkan tak lama lagi. Kedua sumber itu telah menegaskan bahwa Android M bakal membawa fitur otentikasi sidik jari.

Menurut ArsTechnica, Google pernah hampir membawakan fitur ini ke Android 5.0 Lollipop, yang telah dibuktikan melalui sebuah laporan. Namun Google nyatanya tidak jadi meluncurkan fitur ini. Menurut sumber, pengembang aplikasi pihak ketiga juga bisa memanfaatkan fitur ini dengan menggunakan API otentikasi sidik jari yang akan dibuka untuk para pengembang aplikasi.

Pada akhirnya, kita baru akan mengetahuinya apakah fitur otentikasi sidik jari ini memang akan hadir di Android M atau tidak saat Google telah mengumumkannya di acara Google I/O yang akan digelar minggu depan.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *