Update Firmware di Perangkat Windows 10 Dikontrol Langsung Oleh Microsoft

Kolom Gadget – Microsoft telah mengungkapkan bahwa update firmware untuk setiap perangkat yang menjalankan Windows 10 seperti ponsel, tablet dan PC akan dikontrol langsung oleh Microsoft.

Microsoft sebelumnya menuding Google tidak bertanggung jawab atas keamanan pengguna ponsel Android. Ini lantaran Google tidak mengontrol pembaruan perangkat lunak dari setiap ponsel yang menjalankan Android sebagai sistem operasinya, melainkan diserahkan pada masing-masing vendor yang memproduksinya. Disisi lain, Microsoft berbeda karena perusahaan yang berbasis di Redmond ini menerapkan pendekatan serupa seperti yang selama ini dilakukan oleh Apple, dalam menyemaikan pembaruan iOS untuk semua perangkat keras yang kompatibel secara global.

Microsoft telah memastikan bahwa mereka akan mengontrol langsung pembaruan firmware disetiap perangkat termasuk tablet, smartphone dan PC untuk menjaga keamanan dan kehandalan perbaikan yang tersedia untuk setiap perangkat. Namun berbeda kasus dengan ponsel Windows 10 yang dibeli konsumen dari operator (seperti yang banyak dilakukan oleh operator di Amerika Serikat), ponsel Windows 10 dari operator akan tetap menerima pembaruan perangkat lunak Windows 10 dari operator, bukan dari Microsoft. Hanya saja, operator yang menyediakan ponsel akan menerima firmware yang dibangun dari pengembangan yang dilakukan bersama antara operator dengan anggota tim program Windows Insider. Dengan begini, operator bisa memberikan pembaruannya sendiri untuk semua pelanggannya.

Namun perlu dicatat, pembaruan firmware yang dikontrol langsung oleh Microsoft hanya berlaku untuk ponsel yang menggunakan Windows 10 Mobile. Windows 10 Mobile sendiri rencananya akan dirilis sekitar musim gugur ini.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *