Qualcomm Siapkan Chipset Deca-core Snapdragon 818

Kolom Gadget – Qualcomm dikabarkan sedang mempersiapkan chipset deca-core (10-inti) bernama Snapdragon 818. Chipset ini mengandalkan 4 core mengatasi beban ringan dan berat dan 2 core beban menengah.

Siklus Snapdragon 810 tampaknya akan berjalan lebih cepat dari biasanya. Mungkin karena isu overheating atau panas berlebih yang menimpa prosesor ini. Setelah sebelumnya Qualcomm mengkonfirmasi akan menghadirkan Snapdragon 820, kini perusahaan semikonduktor asal Amerika Serikat itu sedang menyiapkan Snapdragon 818.

Menariknya, Qualcomm ternyata mengikuti jejak langkah MediaTek untuk menghadirkan 10 inti didalam produk chipset terbarunya itu. Seperti diketahui, MediaTek saat ini sudah merilis prosesor Helio X20 yang didalamnya terkandung prosesor deca-core (10-core).

Snapdragon 818 dikabarkan menggunakan teknologi big.LITTLE dalam mengimplementasikan produk terbarunya ini, dengan formasi core 4-2-4. Yaitu formasi 4 core untuk menangani beban ringan, 2 core menangani beban sedang, dan 4 core lainnya menangani beban berat, sehingga ada total 10 core didalam Snapdragon 818. Konfigurasi ini tentu terbilang unik, karena jika dibandingkan dengan prosesor octa-core, akan ada 2 core tambahan di Snapdragon 818 yang akan menangani beban menengah.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *