Uber Tawar HERE Maps Senilai USD 3 miliar

Kolom Gadget – Uber dilaporkan berniat membeli HERE Maps dari Nokia dan telah mengajukan penawaran sebesar USD 3 miliar. Uber akan bersaing dengan kolaborasi antara Baidu dan tiga perusahaan otomotif dalam memperebutkan HERE Maps.

Nokia beberapa minggu belakangan memang sering dikabarkan berniat menjual layanan pemetaan miliknya, HERE Maps. Perusahaan asal Finlandia ini pun mengkonfirmasinya April lalu. Beberapa perusahaan juga telah menyatakan diri berminat untuk membeli layanan ini.

Sebelumnya, tak lama setelah Nokia mengumumkan akan menjual HERE Maps, beberapa perusahaan otomotif seperti Mercedes-Benz, Audi dan BMW pun berkolaborasi bersama dengan perusahaan asal China, Baidu dan menyatakan diri berminat untuk membeli layanan ini. Namun kini, Uber juga memberikan penawaran senilai USD $3 miliar untuk mengakuisisi HERE Maps.

Uber sendiri selama ini menggunakan Google Maps, Apple Maps dan teknologi lainnya untuk membantu pengemudinya. Uber bahkan telah menerima uluran tangan sebesar USD $258 juta dari Google pada tahun 2013 lalu dan menggunakan Google Maps. Namun kini Uber sedang berupaya untuk tidak lagi berketergantungan dengan perusahaan asal Mountain View itu.

Uber telah membeli deCarta, sebuah perusahaan pemetaan yang kini telah berusia 10 tahun. Uber bahkan disebut-sebut telah mempekerjakan sejumlah insinyur perangkat lunak pemetaan. Kini, Uber berencana mengakuisi HERE Maps dari Nokia. Nokia pun diperkirakan akan mengumumkan penjualan Here Maps akhir bulan ini.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *