Prosesor Intel Core Generasi ke-5 dan Core M Diluncurkan di Indonesia

Kolom Gadget – Intel baru saja meluncurkan 2 produk chip prosesor teranyar miliknya ke Indonesia. Dua prosesor itu adalah Intel Core generasi ke-5 dan Intel Core M.

Dua produk prosesor teranyar dari Intel baru saja diluncurkan di Indonesia yaitu Intel Core generasi ke-5 dan Intel Core M. Kedua prosesor ini memiliki segmen pasar yang berbeda, dan diproduksi menggunakan fabrikasi 14nm.

Kedua prosesor ini ditujukan untuk pasar berbeda, dimana Intel Core generasi ke-5 lebih ditujukan untuk penggunaan power user, sedangkan Intel Core M ditujukan untuk penggunaan di perangkat laptop atau tablet.

Proses fabrikasi 14nm yang digunakan untuk membuat prosesor ini menempatkan banyak transistor kedalam chip prosesor yang menjamin penggunaan daya yang lebih irit hingga 20 persen oleh prosesor. Meski begitu, Intel Core M memiliki komputasi yang lebih tinggi hingga 50 persen dan grafis lebih cepat 40 persen dari prosesor Intel Core generasi keempat.

Perangkat yang menggunakan Inte Core M juga tidak membutuhkan kipas pendingin sehingga perangkat yang mengusung prosesor ini bisa memiliki desain yang tipis.

Kedua produk baru Intel ini diluncurkan bersamaan dengan peringatan 50 tahun keberadaan hukum Moore yang teorinya telah terbukti, yaitu setiap dua tahun jumlah transistor yang digunakan dalam sebuah chip prosesor akan berlipat ganda.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *