Google Tak Bertanggung Jawab Atas Keamanan Pengguna Android, Tuding Microsoft

Kolom Gadget – Salah seorang eksekutif Microsoft menuding Google tidak betanggung jawab atas keamanan sistem operasi mereka yang membuat keamanan pengguna perangkat Android terancam.

Android selama ini memang menjadi sistem operasi yang populer. Namun siapa sangka jika keamanan platform ini ternyata dipertanyakan oleh EVP of Operating System Microsoft, Terry Myerson. Myerson menuding Google tidak bertanggung jawab atas keamanan perangkat bersistem operasi Android yang mengancam keamanan para penggunanya.

Menurut informasi yang dilansir dari Techradar (05/05/2015), eksekutif Microsoft tersebut mengatakan bahwa Google tidak secara konsisten mendukung keamanan perangkat mereka melalui update. Hal ini bisa mengancam pengguna dan pebisnis yang menggunakan perangkat Android atas kejahatan cyber.

Memang, Android berbeda dengan sistem operasi Windows milik Microsoft dalam hal pembaruan perangkat lunak. Di sistem operasi Windows, update digulirkan bersamaan ke seluruh perangkat tak peduli merek dan tipe perangkat, khususnya di Windows 10 nanti. Sementara update sistem operasi Android tidak digulirkan secara serentak, melainkan terpisah-pisah dengan jarak yang cukup lama. Ini karena sistem operasi Android tidak diluncurkan oleh Google, melainkan oleh vendor yang memproduksi ponsel.

Myerson pun mengatakan bahwa di Windows 10, Microsoft akan mendukung penuh pembaruan perangkat lunak di setiap perangkat secara berkala.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *