Hacker Rusia Gempur Amerika Serikat Dengan Malware

Kolom Gadget – Kaspersky Lab mendeteksi adanya serangan cyber yang diyakini dilakukan oleh hacker Rusia untuk menggempur gedung putih dan Departemen Luar Negeri Amerika Serikat.

Amerika Serikat dan Rusia, dua negara adidaya yang memang menjadi dua kutub dunia yang selalu berseberangan. Meski dipermukaan kedua negara terlihat tidak saling bertempur, namun berbeda dengan apa yang terjadi di internet.

Menurut data laporan yang dikumpulkan oleh Kaspersky Lab Global Research and Analysis Team dan diterbitkan baru-baru ini, terdeteksi adanya serangan cyber canggih yang ditujukan ke Gedung Putih dan Departemen Luar Negeri Amerika Serikat yang diyakini dilakukan oleh hacker Rusia. Bukti-bukti yang dikumpulkan oleh ahli keamanan Kaspersky Lab menurut sejumlah indikator mengarah ke Rusia.

Kaspersky seperti dilansir dari DetikInet (03/05/2015) mengemukakan bahwa serangan cyber ini memiliki kemampuan anti deteksi yang mampu mendeteksi kehadiran beberapa produk keamanan yang mencoba menghindar. Selain itu, serangan ini juga memiliki kemampuan kripto.

Menurut temuan ahli keamanan Kaspersky Lab, pelaku serangan cyber ini menggunakan toolset dengan fungsi program jahat kuat yang sesuai dengan tindakan spionase cyber CosmicDuke, MiniDuke dan OnionDuke yang diyakini berasal dari Rusia.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *