Ancaman Blokir Menghantam Lumia di Amerika Serikat

Kolom Gadget – Peredaran ponsel Lumia milik Microsoft terancam dilarang di Amerika Serikat karena terjegal pelanggaran paten oleh InterDigital. InterDigital menuding ponsel Lumia melanggar 2 paten wireless seluler miliknya.

Ancaman paten memang sudah menjadi santapan sehari-hari bagi perusahaan perangkat telekomunikasi. Banyak perusahaan teknologi di dunia bisa saling menjatuhkan dalam perang paten, seperti yang pernah terhadi antara Samsung dan Apple. Motifnya beranekaragam, mulai dari mencari untung hingga menjegal kesuksesan vendor di pasar tertentu. Hal yang sama baru saja mengancam Microsoft atas unit bisnis ponsel pintarnya, Lumia.

Menurut informasi yang dihimpun dari Re/code (01/05/2015), Kasus pelanggaran paten menghantam perusahaan perangkat lunak raksasa dunia itu baru-baru ini. Pasar Microsoft di Amerika Serikat pun terancam diblokir. Pasalnya, InterDigital mengklaim sebagian besar perangkat Lumia menggunakan dua paten wireless seluler miliknya, dan meminta International Trade Commission (ITC) Amerika Serikat untuk melarang peredaran produk Lumia. Jika tidak tercapai kesepakatan, peredaran ponsel-ponsel Lumia bisa dilarang di Amerika Serikat.

Paten InterDigital yang terdapat pada ponsel Lumia sendiri sejatinya adalah warisan Nokia. Tahun 2007 lalu, Nokia dituntut hal serupa oleh InterDigital. Karena peralihan nama dan kepemilikian atas akuisisi Nokia oleh Microsoft, maka perkara itu kini juga menghantam Microsoft.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *