Cyanogen Resmi Bercerai Dengan OnePlus

Kolom Gadget – Hubungan kerjasama antara OnePlus sebagai vendor ponsel dan Cyanogen sebagai pengembang ROM kustom CyanogenMod berakhir.

Hubungan kerjasama antara Cyanogen dengan OnePlus akhirnya berakhir. Selain OnePlus One, tak akan ada lagi ponsel OnePlus yang secara default menggunakan CyanogenMod sebagai sistem operasinya.

Seperti diketahui, OnePlus sendiri telah memiliki OxygenOS sebagai pengganti CyanogenMod. ROM kustom buatan OnePlus ini telah diluncurkan kepada pengguna OnePlus One yang ingin menjajal ROM selain ROM milik Cyanogen. Dibuatnya OxygenOS oleh OnePlus sendiri dikarenakan pengalaman pahit yang dialami vendor asal China ini saat ingin memasarkan ponsel pertamanya di India.

Saat itu, peredaran OnePlus One di Negeri Bollywood sempat dilarang lantaran Cyanogen sudah lebih dulu menandatangani kesepakatan eksklusif dengan produsen ponsel asal India, Micromax. Alhasil, pengadilan New Delhi menjatuhkan larangan sementara terhadap penjualan OnePlus One.

Berakhirnya kerjasama antara kedua perusahaan membuat Cyanogen mencari produsen ponsel yang mampu bersaing secara global untuk diajak bekerjasama. CEO Cyanogen, Kirk McMaster saat konferensi pers di Beijing mengungkapkan kesuksesan OnePlus tak lepas dari peran Cyanogen. Jika bukan karena Cyanogen, OnePlus tidak akan bisa –

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *