Kembalinya Nokia ke Pasar Ponsel Dikonfirmasi, Basis R&D Center Bakal Dipindahkan ke China

Kolom Gadget – Nokia akhirnya mengkonfirmasi bahwa mereka akan kembali ke pasar ponsel dan mulai membuat smartphone Android tahun depan. Mereka bahkan berencana memindahkan basis R&D Center ke Sichuan, China untuk mulai membuat ponsel.

Sebelumnya kita telah mendengar laporan bahwa Nokia berencana kembali membuat ponsel tahun depan dan akan kembali ke pasar ponsel. Baru-baru ini, hal itu dikonfirmasi oleh Nokia melalui Presiden Nokia China, Mike Wang.

Dalam pernyataannya, Mike Wang seperti dilansir dari G for Games (24/04/2015) telah menegaskan rencana Nokia untuk kembali memasuki pertarungan di pasar ponsel dan mulai memproduksi ponsel Android tahun 2016 mendatang. Untuk mulai memproduksi ponsel tersebut, Noka akan memindahkan basis R&D Center milik Nokia ke Sichuan di China. Sejauh ini, tidak ada informasi lain yang bisa diketahui.

Kembalinya Nokia ke pasar ponsel tahun depan lantaran ada kesepakatan Nokia dengan Microsoft saat akuisisi, dimana kesepakatan itu baru akan berakhir akhir tahun 2015. Dalam kontrak itu, terdapat pernjanjian yang melarang Nokia untuk menggunakan merek Nokia hingga akhir tahun 2015. Selain itu, kontrak hukum juga tidak memperbolehkan Nokia untuk membuat ponsel dan menggunakan lisensi mereka hingga kuartal ketiga 2016. Karena kontrak hukum itu akan segera berakhir, maka Nokia baru bisa kembali pada kuartal keempat 2016.

Laporan sebelumnya juga menyebutkan bahwa dalam memproduksi ponsel, Nokia hanya akan merancangnya saja, sementara lisensi akan diurus perusahaan lain, termasuk produksi ponsel mereka. Namun informasi ini masih belum dikonfirmasi oleh Nokia.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *