Hati-hati! Samsung Galaxy S5 Rentan Diretas

Kolom Gadget – Anda harus lebih berhati-hati karena sensor sidik jari Samsung Galaxy S5 ternyata mudah diretas. Temuan ini didapat dari penelitian FireEye dan Samsung sedang menyelidiki temuan ini.

Sensor pemindai sidik jari sebenarnya merupakan teknologi keamanan yang sangat canggih saat ini. Meski tak secanggih sensor retina, namun tingkat keamanan sensor sidik jari seharusnya tidak dengan mudah bisa dibobol.

Tapi nyatanya, sensor sidik jari di Samsung Galaxy S5 memiliki banyak celah yang bisa dengan mudahnya dimanfaatkan oleh peretas, dan menyalin sidik jari pengguna. Informasi ini didapat dari hasil penelitian FireEye yang mengungkap banyak perangkat Android, khususnya Samsung Galaxy S5 memiliki celah pada sensor sidik jarinya.

Peneliti FireEye seperti dilansir dari BGR (23/04/2015) telah mengungkap bahwa celah yang terbuka itu bisa saja digunakan oleh peretas dengan membobol kernel dan membuat malware di sistem Samsung Galaxy S5. Peretas bisa dengan mudahnya mengakses gambar sidik jari pengguna tanpa perlu masuk ke ruang penyimpanan yang diproteksi. Setelah gambar sidik jari didapatkan, maka peretas bisa mendapatkan akses langsung ke perangkat.

Samsung pun langsung menanggapi temuan ini dan mengkonfirmasi melalui laman Forbes bahwa pihaknya sangat mengutamakan keamanan data penggunanya. Untuk itu, samsung akan segera melakukan penyelidikan lebih lanjut terkait celah yang ditemukan FireEye.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *