Portana, Versi Oprek Cortana Untuk Platform Android yang Tak Sepintar Cortana

Kolom Gadget – Sekelompok peretas asal Italia berhasil mengoprek asisten virtual Windows Phone, Cortana sehingga bisa dijalankan di Android dan mengubah namanya menjadi Portana. Sayangnya, Portana tidak sepintar Cortana.

Tahun lalu kita telah mendengar bahwa MIcrosoft melalui Project Manager Cortana, Marcus Ash berencana membawa Cortana ke platform Android. Laporan Reuters juga mengungkap rencana Microsoft menghadirkan aplikasi asisten virtual itu untuk iOS dan Android sebagai sebuah aplikasi mandiri. Tapi belum lagi direalisasikan, rencana tersebut sudah dilangkahi oleh sekelompok peretas Italia yang menamakan kelompok itu dengan OrangeSec.

Menurut informasi yang dilansir dari PhoneArena (20/04/2015), sekelompok peretas itu telah berhasil memodifikasi asisten virtual Microsoft, Cortana dan menghadirkannya di platform Android. Aplikasi tersebut pun diberi nama dengan Portana. Sayangnya, Portana tidak lebih pintar dari Cortana lantaran fitur-fiturnya tidak terintegrasi dengan setiap aplikasi Android. Berbeda dengan Cortana di Windows Phone yang setiap fitur memang dirancang dan bekerja dengan aplikasi lainnya di Windows Phone.

Selain itu, Portana juga tidak terhubung dengan server Microsoft, juga baru bisa berbicara dengan bahasa Italia saja. Terbatasnya fitur-fitur Portana lantaran aplikasi ini tidak direstui oleh Microsoft.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *