Tahun Depan, Nokia Kembali Buat Ponsel?

Kolom Gadget – Tahun depan diperkirakan Nokia akan kembali terjun ke pasar ponsel. Ini karena kontrak hukum yang mengikat Nokia setelah menjual unit bisnis ponselnya kepada Microsoft telah berakhir.

Gaung Nokia di pasar ponsel memang tidak lagi terdengar. Setelah menjual divisi ponselnya ke Microsoft, perusahaan itu tidak lagi pernah membuat ponsel. Satu-satunya perangkat yang mereka luncurkan adalah tablet Nokia N1 dan itupun hanya terbatas untuk pasar China saja. Tapi, apakah Nokia benar-benar tidak lagi tertarik membuat ponsel?

Informasi baru datang dari Recode yang mengungkap bahwa Nokia berencana kembali ke pasar ponsel tahun 2016 nanti. Jika informasi ini benar, kembalinya Nokia ke pasar ponsel memang terbilang cukup lama setelah penyerahan unit bisnis ponselnya ke Microsoft. Namun bukan tanpa alasan, karena Nokia masih terikat kontrak hukum yang melarang perusahaan asal Finlandia ini terjun ke pasar ponsel hingga kuartal ketiga tahun depan. Jadi, kuartal ketiga 2016 menjadi saat dimana Nokia terbebas dari ikatan kesepakatan itu.

Menurut sumber informasi, saat kontrak hukum berakhir maka Nokia bisa mulai memproduksi ponsel kembali dengan merek sendiri, selain merek Nokia. Tidak diketahui nilai investasinya, namun disebutkan ponsel pertama Nokia saat kembali ke pasar ponsel akan dirancang oleh Nokia, namun diproduksi, dijual dan didistribusikan oleh perusahaan lain. Tidak disebutkan bakal menggunakan platform apa, namun kemungkinan besar mengadopsi sistem operasi milik Google, Android.

Meski telah terjatuh dan terjerembab hingga tak bisa bangkit lagi, namun nama Nokia sudah terlalu membekas di pikiran pengguna. Cukup sayang rasanya jika merek Nokia memudar begitu saja. Karena banyak orang tentunya berharap agar Nokia bisa kembali menghadirkan berbagai inovasi produk seperti masa kejayaannya dulu, yang menghadirkan ponsel-ponsel berdesain ikonik.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *