Update Lollipop Bikin Nexus 7 Bermasalah

Banyak pengguna Nexus 7 mengalami masalah tepat setelah mereka memperbarui perangkat lunak tablet mereka ke Android Lollipop. Seperti diketahui, bahwa Google baru saja meluncurkan update perangkat lunak untuk tablet hasil kerjasama dengan Nexus ini, baik Nexus 7 generasi pertama maupun generasi kedua. Para pengguna yang menggunakan Nexus 7 langsung komplain melalui sosial media dan hashtag #Nexus7bricked di Twitter pun mulai terangkat.

Masalah yang dialami pengguna Nexus 7 pada tabletnya adalah perangkat yang gagal booting atau startup. Saat Nexus 7 dinyalakan, booting Nexus 7 hanya bisa sampai pada logo Google saja, tetapi tidak bisa membuat sistem operasi berjalan. Beberapa pengguna seperti dilansir dari Android Authority (11/04/2015) pun telah mencoba masuk ke fastboot untuk mencari tau penyebab gagalnya tablet berjalan dan me-mount memori internal perangkat Nexus 7. Namun sampai saat ini penyebab utamanya masih belum ditemukan.

Beberapa pengguna Nexus 7 yang masih memiliki garansi terhadap perangkat mereka mengaku telah berhasil memperbaiki masalah ini. Namun bagi anda yang belum memperbarui perangkat lunak dan sudah tidak memiliki garansi, sebaiknya tahan keinginan anda mencicipi Lollipop sampai Google meluncurkan Android 5.1. Jangan memperbarui perangkat lunak tablet anda baik versi Android 5.0.1 maupun Android 5.0.2.

Jika anda sudah terlanjur memperbarui perangkat lunak Nexus 7 ke Android 5.0+ dan mengalami hal serupa, direkomendasikan untuk tidak mengubah apapun dari perangkat anda, setidaknya sampai Google meluncurkan Android 5.1.

Baik Google maupun Asus sendiri sampai saat ini tidak memberikan klarifikasi apapun terkait munculnya masalah ini. Namun kita berharap yang terbaik agar kedua perusahaan mengambil langkah untuk mengatasi masalah. (Gambar: PhoneArena)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *