Penjualan iPhone 5s Melonjak Bikin Keuntungan Apple Menurun

Normalnya, saat penjualan suatu produk meningkat, maka hal ini akan berpengaruh pada meningkatknya keuntungan yang didapat suatu perusahaan. Namun menurut pendapat seorang analis, meningkatnya penjualan salah satu produk Apple malah membuat keuntungan perusahaan menurun. Bagaimana bisa?

Seperti dilaporkan oleh Socete Generate yang baru saja menerbitkan laporan penjualan yang mereka terima dari perakit iPhone di Tiongkok, Hon Hai dan Pegatron. Laporan itu memperlihatkan bahwa salah satu produk lawas Apple, iPhone 5s penjualannya mengalami peningkatan akhir-akhir ini. Peningkatan penjualan iPhone 5s dari yang awalnya hanya 10 persen kini menjadi 20 persen dari total penjualan iPhone yang sekarang ini beredar. Hal itu menurut Andy Perkins dari Societe Generale bisa menurunkan penjualan iPhone 6 dan iPhone 6 Plus yang pada akhirnya berdampak pada tingkat keuntungan Apple yang menurun.

Hal ini terjadi karena iPhone 5s dijual $ 100 lebih murah dari iPhone 6. Dengan margin iPhone 5s yang lebih kecil dari iPhone generasi terbaru, maka keuntungan Apple bisa menurun. Padahal sebelumnya, saat iPhone generasi terbaru diluncurkan, penjualan iPhone generasi lama tidak pernah mengalami peningkatan penjualan seperti sekarang ini. Andy Perkins pun memperingatkan Apple untuk mewaspadai hal ini.

Terlebih lagi menurut Perkins, Apple sudah tidak memiliki senjata apapun untuk meningkatkan penjualan iPhone lantaran kebutuhan konsumen akan perangkat iPhone sudah terpenuhi saat ini. Penjualan iPhone sekarang ini sudah mencapai seluruh dunia, apalagi Apple juga sudah meluncurkan dua iPhone dengan layar kecil maupun besar.

Bukan hanya iPhone 6 dan iPhone Plus saja, Perkins juga tidak yakin dengan penjualan Apple Watch karena jam tangan pintar ini belum akan menjadi sebuah tren, setidaknya untuk 12 bulan mendatang. (Via Business Insider)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *