Bantah Snapdragon 815, Qualcomm Garap Snapdragon 820 Sebagai Penerus 810

Kita sudah mendengar rumor tentang Qualcomm yang berencana menghadirkan generasi penerus dari chipset mobile teranyarnya Snapdragon 815. Memang masih sebatas rumor, sehingga kesahihannya pun masih bisa terbantahkan. Dan ini baru saja ditegaskan Qualcomm bahwa mereka sama sekali tidak berencana apalagi mengembangkan Snapdragon 815 sebagai produk chipset mobile buatan mereka. Malahan mereka memiliki chipset lain yang saat ini sedang mereka garap.

Menurut informasi yang dilansir dari GSMArena (31/03/2015), bantahan ini disampaikan oleh Qualcomm kepada Fudzilla yang menyatakan bahwa prosesor baru mereka selanjutnya adalah Snapdragon 820, yang merupakan generasi penerus dari Snapdragon 810, bukan Snapdragon 815 yang selama ini banyak diperbincangkan.

Snapdragon 820 yang sedang digarap Qualcomm ini nantinya akan menjadi SoC 64-bit pertama yang menggunakan core kustom Kyro milik Qualcomm. Pembuatannya menggunakan proses FinFET dan didasarkan pada ARMv8. Ini berbeda dengan Snapdragon 810 yang dirancang dengan konfigurasi big.LITTLE.

Rumor tentang Snapdragon 815 sendiri menyebutkan prosesor ini akan dibangun menggunakan arsitektur big.LITTLE dan merupakan CPU octa-core dengan GPU Adreno 450 dan mendukung LPDDR4. Disebut pula Snapdragon 815 sudah built-in dengan modem MDM9x55 berkemampuan LTE Cat.10 yang dibuat dengan menggunakan proses 20nm.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *